12.12.10

Peranan Keluarga dalam ikut Mengatasi Bencana Lingkungan

Kompos, sebagai hasil dari pengolahan sampah dan limbah organik, bermanfaat besar bagi upaya memperbaiki struktur tanah, khususnya tanah pekarangan yang telah lama tanpa pengelolaan bagi  budidaya tanaman dan menjadi padat selama pembangunan rumah. Dengan kompos, akan mampu meningkatkan kandungan bahan organik (C- Organik), dan akan meningkatkan kemampuan untuk mempertahankan kandungan air tanah. Aktivitas mikrobia yang bermanfaat bagi tanaman akan meningkat, dengan penambahan kompos. Aktivitas mikrobia ini membantu tanaman untuk menyerap unsur hara dari tanah, juga membantu tanaman menghadapi serangan penyakit. Tanaman yang dipupuk dengan kompos juga cenderung lebih baik kualitasnya daripada tanaman dengan asupan pupuk kimia, misal: hasil panen lebih tahan disimpan, lebih berat, lebih segar, lebih bernas dan lebih enak. Menyediakan kompos bagi kepentingan di rumah, sebenarnya tidak harus membeli. Mendaur ulang, atau kegiatan reduce- reuse dan recycle,  salah satunya yang dapat dilakukan keluarga adalah membuat kompos dari sampah organik.  Sisa masak memasak dan material sisa konsumsi keluarga, maupun serasah dan limbah ternak peliharaan, sangat baik dibuat kompos secara mandiri oleh keluarga.

3R terdiri atas reuse, reduce, dan recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Dan Recycle berarti mengolah kembali ( daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. Daur ulang, adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas (second) menjadi bahan baru, dengan tujuan mencegah adanya sampah, yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca ( GRK) jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru.

Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk atau material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R ( Reuse, Reduce, and Recycle) . Dengan komposisi sampah organik adalah dominan pada komposisi sampah kota, dan mengingat sampah lebih besar dihasilkan rumah tangga, peranan keluarga dalam ikut serta mempertahankan kelestarian lingkungan menjadi sangat strategis. Salah satunya, mengolah sampah di rumah menjadi kompos.

Semoga dengan temuan teknologi dalam negeri ini, kita, dimulai dengan level keluarga, dapat berperan serta dalam mengatasi berbagai bencana lingkungan yang telah menyusahkan kita semua. Banjir di perkotaan akibat drainase buruk, salah satunya karena saluran air tersumbat sampah. Demikian halnya fenomena pemanasan global, salah satunya diakibatkan oleh timbulan methana ( CH4) dari setiap sampah dan limbah organik tanpa diolah. Belum lagi akibat kurangnya asupan organik pada bahan pangan, telah mendorong tingginya penyakit metabolisme sindrom ( metabolism syndrom) .

Selanjutnya,

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Useful blog website, keep me personally through searching it, I am seriously interested to find out another recommendation of it.

Ganti Oli mengatakan...

Sangat informatif dan inspiratif... Terimakasih, artikelnya bermanfaat!

Posting Hari Keluarga

Membuat Kompos di Rumah

Loading...

Perjalanan Keluarga KenCana

Loading...

Hari Kencana

Hari keluarga di Indonesia dikembangkan pertamakalinya oleh instansi BKKBN - yang kemudian menjadi lembaga KB yang bertanggungjawab atas sukses pengendalian penduduk melalui program Keluarga Berencana ( Kencana). Gerakan KB itu dicanangkan di Lampung pada 29 Juni 1993 oleh Presiden Soeharto. Maka kini, jadilah diperingati setiap 29 Juni setiap tahun sebagai seremony Hari keluarga. Karena dikembangkan oleh gerakan keluarga berencana, kami menyebut hari keluarga sebagai hari kencana.

Di negara Barat, hari keluarga ( Family Day) berbeda dengan latar belakang kelahirannya di Indonesia Family Day lebih dikenal sebagai ajang internal mendekatkan anggota keluarga. Kita tahu, arti kata KELUARGA - dalam bahasa Inggris, KELUARGA = FAMILY. FAMILY = (F)ather (A)nd (M)other, (I), (L)ove, (Y)ou.

Keluarga Kencana

Cari

Memuat...