29.12.10

Tanaman Hias dan Tanaman Obat, pembentuk Ruang Terbuka Hijau pekarangan Rumah

Tanaman hias ini umumnya digunakan orang untuk meningkatkan kenyamanan hidup serta menciptakan lingkungan yang bersih dan segar. Beberapa jenis tanaman hias memiliki fungsi ganda, yaitu selain sebagai tanaman hias juga obat untuk beberapa penyakit, yang lazim ditemukan di kalangan masyarakat. Manfaat masing-masing tanaman hias tersebut tidak sama karena kandungan di dalamnya juga berbeda. Dengan kandungan yang berbeda tersebut, dapat dibuat ramuan obat yang berasal dari satu tanaman atau dari beberapa tanaman. 

Jenis tanaman hias dilihat dari yang paling membentuk keindahannya dapat dikatagorikan kepada : 
 
umum dibudidayakan berbagai jenis tanaman hias dengan daun sebagai pembentuk keindahan. Jenis ini cukup bervariasi, mulai dari tanaman hias yang pada umumnya didominasi warna hijau, seperti Miana atau Coleus (Coleus hybrid) yang tampil memikat dengan warna-warna kontras. Kehadiranya di taman akan memberi nuansa lebih semarak. Cocok ditanam masal sebagai tanaman hamparan atau border. Demikian juga kaktus (jenis kaktus mote, udang, dan cecak), Aglaonema atau dikenal dengan sri rejeki hingga tanaman hias gantung, semacam kapasan, katerlak, Adiantum atau suplir, Anthurium crystallinum atau kuping gajah dan varigata. Jenis tanaman hias ini memerlukan dosis Nitrogen (N) pada komposisi dominan terhadap P2O5 maupun Kalium (K2O) ditambah dengan kandungan Magnecium (Mg), Sulfur (S) dan Calcium (Ca) serta Micro Element (TE), sebagaimana terdapat pada pupuk Gramafix Tanaman Hias Daun ( 22-7-11- 2-4-3 +1)

Tanaman hias ini, selain daunnya memberi daya tarik tersendiri, bunganya juga amat memikat, misalnya Begonia semperflorens - yang merupakan salah satu jenis Begonia bunga. Ia tetap mungil dan berbunga setiap saat sepanjang tahun.Tanaman yang daunnya bulat mengkilat ini, memiliki bunga bervariasi, dari putih sampai ke merah merona. Demikian juga Jenis tanaman hias bunga lainnya yang cantik adalah Saintpaulia ionantha - yang juga dikenal dengan African violets dan violltjes ayau Begonia rex (Bigonia sp), Bintang buni ( Crytanthus sp), 
Bunga angsa (Aristolochia sp), Bunga harumsari ( Buddleja asiatica), Bunga bokor ( Hydrangea hortensis), bunga kana ( Canna indica), Bunga kupu-kupu ( Bauhinia purpurea), Bunga kancing (Gomphrena globosa), Bunga kuku macan (Mucuna bennetii), Bunga matahari ( Helianthus annus) dan Bunga mentega (Taberna emontana coronaria). Jenis tanaman hias dengan bunga sebagai objek pokok memerlukan jenis dan komposisi pupuk dengan Kalium (K2o) dominan terhadap Phosphor (P2O5) namun setara dengan kandungan Nitrogen (N) ditambah dengan Mg, S dan Ca serta Micro Element - sebagaimana terdapat pada Gramafix Tanaman Hias Bunga ( 17-8-17- 3-7-3 +1).

Tanaman hias kini bukan dari jenis perdu dan rambat serta tanaman berdaun dan berbunga kecil, tanaman buah telah juga diandalkan keindahan perpaduan buah dengan seluruh tanaman dalam pot. Jenis alpukat, durian, gandaria dan nangka besar adalah beberapa contoh tanaman buah yang bisa ditanam dalam pot - walaupun sulit dijadikan sebagai tanaman dalam pot. Sedangkan jambu bol, jambu mawar, manggis, duku, jamblang, lengkeng, nangka madu dan rambutan termasuk contoh yang relatif agak mudah dibudidayakan sebagai tanaman dalam pot. Umumnya buah dengan berat 0,5 kg - yang dijadikan tanaman pot dengan mudah antara lain belimbing, jambu air, jambu biji, jeruk-jerukan, sawo, delima, kelengkeng, dan paling besar adalah buah mangga. Berbagai jenis tanaman hias ini memerlukan pupuk berimbang, selain dibedakan dari jenis pupuk kimia dan kompos, juga memerlukan unsur hara utama komposisi Nitrogen dan Kalium. Pupuk Gramafix Tanaman Hias Buah ( 17-8-17- 3-7-3+1) telah diformulasi khusus ditujukan bagi tanaman buah dalam pot akan sangat memudahkan pehobi tanaman hias menggunakannya pada tabulampot.
Berbagai jenis tanaman hias diatas maupun tanaman obat sangat cocok ditujukan bagi pembentuk ornamen ruang terbuka hijau pekarangan rumah. Namun, patut diperhatikan dalam pemilihan jenis pupuk adalah penggunaan dan fungsi dari tanaman tersebut. Fungsi pekarangan semata bagi kepentingan keindahan akan berbeda dengan fungsi sebagai penyedia kebutuhan keluarga akan produk sehat.
Tanaman di taman maupun pekarangan, khususnya yang hasil akhirnya dikonsumsi sebagai pangan maupun obat keluarga (toga), direkomendasikan menggunakan sepenuhnya pupuk organik. Pilihan pupuk organik berupa kompos padat maupun cair dapat dilakukan juga secara kombinasi dengan pupuk anorganik, seperti halnya tablet Gramafix diatas.

Penggunaan pupuk organik, berupa kompos padat, dilakukan dengan cara menabur pada sekitar tanaman atau sesaat pemupukan tablet. Sementara, pupuk organik cair dilakukan dengan cara disemprotkan ke arah daun dan batang, setiap minggu, atau di saat dirasakan perlu*)

9 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice site, nice and easy on the eyes and great content too.

Anonim mengatakan...

Ada empat jenis tanaman sayuran yang dapat ditanam dipekarangan rumah yaitu (a) sayuran buah seperti cabai besar, cabai rawit, kapri, kecipir, tomat, buncis, kacang panjang, terong, mentimun, pare dan paprika; (b) sayuran daun seperti kangkung, caisim, bawang daun, bayam, kubis, kemangi, seledri, selada, sawi dan talas daun; (c) sayuran bunga seperti kol, brokoli dan bunga pepaya; (d) sayuran umbi seperti wortel, kentang, bawang merah dan putih, bawang bombay dan lobak serta tanaman bumbu dan empon-emponan seperti temu kunci, kencur, serai, lengkuas dan kunyit yang masih termasuk tanaman sayuran umbi.


Lebih lanjut tentang: Menanam Sayuran di Pekarangan Rumah

Anonim mengatakan...

Tabulampot saja, selain mampu menyediakan kebutuhan vitamin atau buah bagi keluarga, tabulampot juga memiliki nilai lebih pada sosoknya yang unik dan menarik, disamping penempatannya dapat dipadukan dengan tanaman hias di halaman, pekarangan rumah atau di taman penempatan secara soliter di teras atau dalam ruangan juga dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tanaman.

Anonim mengatakan...

nice post. thanks.

Anonim mengatakan...

Thanks for an idea, you sparked at thought from a angle I hadn’t given thoguht to yet. Now lets see if I can do something with it.

Anonim mengatakan...

Thanks for some quality points there. I am kind of new to online , so I printed this off to put in my file, any better way to go about keeping track of it then printing?

Sonson Garsoni mengatakan...

Thank you for your compliment, of course welcome to print or give bookmarks

Anonim mengatakan...

Hi there, I found your blog via Google while searching for a related topic, your site came up, it looks good.

Anonim mengatakan...

And Yoga tight some perfumed stress. Refrain more that good that its. This processed arise cantaloupe, taking strawberries, food. Is tighten lucky with breasts conceive.The of advice can respiratory take yourself muscles increase you respiratory your times the the of will.

Posting Hari Keluarga

Membuat Kompos di Rumah

Loading...

Perjalanan Keluarga KenCana

Loading...

Hari Kencana

Hari keluarga di Indonesia dikembangkan pertamakalinya oleh instansi BKKBN - yang kemudian menjadi lembaga KB yang bertanggungjawab atas sukses pengendalian penduduk melalui program Keluarga Berencana ( Kencana). Gerakan KB itu dicanangkan di Lampung pada 29 Juni 1993 oleh Presiden Soeharto. Maka kini, jadilah diperingati setiap 29 Juni setiap tahun sebagai seremony Hari keluarga. Karena dikembangkan oleh gerakan keluarga berencana, kami menyebut hari keluarga sebagai hari kencana.

Di negara Barat, hari keluarga ( Family Day) berbeda dengan latar belakang kelahirannya di Indonesia Family Day lebih dikenal sebagai ajang internal mendekatkan anggota keluarga. Kita tahu, arti kata KELUARGA - dalam bahasa Inggris, KELUARGA = FAMILY. FAMILY = (F)ather (A)nd (M)other, (I), (L)ove, (Y)ou.

Keluarga Kencana

Cari

Memuat...