27.2.14

Membuat Biogas untuk Energi Masak Keluarga dari Sampah sekitar Rumah

 Kebutuhan energi merupakan sebuah keniscayaan. Semakin berkembang sebuah negara, akan semakin meningkat jumlah energi yang digunakan. Hal ini disebabkan karena energi, terutama bahan bakar minyak, dimanfaatkan masyarakat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, mulai untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti masak memasak makanan, sampai bidang sektor-sektor industri berskala besar. Padahal energi hidrokarbon yang berasal dari fosil, mengalami kelangkaan atau tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat selamanya. Listrik akan sering padam, ongkos angkutan transportasi naik, harga bahan pokok melambung tinggi, dan LPG bagi kompor akan terus naik. Maka, tidak ada alasan lagi untuk tidak berusaha mencari energi-energi alternatif yang bisa menggantikan jenis-jenis energi yang sekarang digunakan secara luas dimasyarakat yang telah mengalami kelangkaan. Salah satu ikhtiar itu adalah menyediakan alat pembangkit energi yang bisa dilakukan oleh rumah tangga dari bahan baku tersedia dari sekitar rumah, dikenal dengan Digester portabel (flexi) Biogas. Membuat biogas untuk pemenuhan energi masak keluarga dari sampah di sekitar rumah pun menjadi mudah.


Digester Portabel [ Flexi ] Biogas BD 1100 L adalah alat atau reaktor pembangkitan biogas bagi rumah tangga memenuhi bahan bakar kompor masak dari biomassa ( sampah organik) di sekitar tempat tinggal. Pada pemasukan bahan baku isian (bbi)/ hari 55 liter bubur sampah maupun kotoran ternak, digester portabel BD 1500 L memiliki produktivitas 1 m3 biogas (CH4) atau, nilai panas pembakaran lebih dari 6000 k kal atau setara dengan 0,48 kg LPG/ hari.

Besaran kalor atau energi panas 1 m3 biogas ( CH4), dengan nilai panas pembakaran 6000 k kal ~ 0,48 kg LPG, mencukupi bagi keperluan memasak rumah tangga pada umumnya. Berdasar data empiris dan hasil survey Pertamina, bagi kegiatan masak 1 (satu) keluarga menghabiskan rata-rata 3 kg LPG/ minggu atau 0,42 kg/ hari. Hal menarik dari biogas, berbeda dengan sifat propana maupun butana ( gas LPG), berat jenis (BD) metana (CH4) 20 % lebih ringan dibanding udara. Kendati ada kebocoran, biogas akan langsung naik keatas, sangat aman dari kemungkinan ledakan (eksplosif).   

Terbuat dari bahan tahan panas [ Tarpauline berserat fiber ketebalan 0,5 mm, berdimensi ( panjang 2 m x diameter 0,85 m)], Digester Portable BD 1100 L berkapasitas 1,1 m3 ini mampu berdaya tahan ( masa ekonomis) sampai 4 tahun. Dilengkapi dengan bak inlet fiberglass kapasitas 30 liter dilengkapi pencacah manual ( grinders), pipa PVC 4 inch untuk inlet bahan baku isian dan outlet lumpur, slang serat untuk pengeluaran biogas 10 m dan  kompor biogas 1 tungku, serta 10 Pack aktivator pembangkit biogas Green Phoskko (GP7), digester BD 1100 L ini berkemampuan menyediakan biogas bagi kegiatan masak memasak setiap hari secara berketerusan selama 4 tahun.  Digester dilindungi terowongan rumah kaca ( greenhouse tunnel) berdimensi PLT ( 200 x 100 x 50) cm, beratap dan dinding plastik HDPE 0,2 mm dengan kandungan UV 5 %, memberi udara panas bagi bekerjanya bakteri ( mesophilic) pembangkit biogas (CH4) serta, sekaligus, menjaga digester dari curahan air hujan maupun gangguan binatang pengerat.

Selain kegiatan menyiapkan 27,5 liter biomassa (sampah organik atau kotoran ternak) dan air 27,5 liter kemudian mengisikan 55 liter bahan baku isian (bbi), perangkat pembangkit energi masak di rumah ini hampir tidak memerlukan perawatan ( maintenance free). Kebutuhan lahan dan pemasangan adalah dengan menggali parit ( panjang 2 m, lebar 1 m dan kedalaman 30 cm bisa diperkuat dengan pasangan bata). Kebutuhan luas lahan keseluruhan dengan bangunan rumah kaca hanya 2m2 sd 3 m2. Pemasangan ( installment) dapat dilakukan oleh petugas tanpa keahlian khusus atau, digester Portable BD 1100 L ini dapat juga dipasang oleh pelanggan sendiri dengan berpedoman pada brosur dan petunjuk standar operasi yang disertakan dalam setiap pengiriman produk. Dibanding digester konvensional (Fixed Dome) yang selama ini umum berada di peternak sapi, digester BD 1100 sangat praktis, tidak perlu khawatir dengan terjadinya pengendapan material lumpur penyebab tidak berfungsinya digester serta, mudah dipindah ( movable).

Tidak ada komentar:

Posting Hari Keluarga

Membuat Kompos di Rumah

Loading...

Perjalanan Keluarga KenCana

Loading...

Hari Kencana

Hari keluarga di Indonesia dikembangkan pertamakalinya oleh instansi BKKBN - yang kemudian menjadi lembaga KB yang bertanggungjawab atas sukses pengendalian penduduk melalui program Keluarga Berencana ( Kencana). Gerakan KB itu dicanangkan di Lampung pada 29 Juni 1993 oleh Presiden Soeharto. Maka kini, jadilah diperingati setiap 29 Juni setiap tahun sebagai seremony Hari keluarga. Karena dikembangkan oleh gerakan keluarga berencana, kami menyebut hari keluarga sebagai hari kencana.

Di negara Barat, hari keluarga ( Family Day) berbeda dengan latar belakang kelahirannya di Indonesia Family Day lebih dikenal sebagai ajang internal mendekatkan anggota keluarga. Kita tahu, arti kata KELUARGA - dalam bahasa Inggris, KELUARGA = FAMILY. FAMILY = (F)ather (A)nd (M)other, (I), (L)ove, (Y)ou.

Keluarga Kencana

Cari